Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Minggu, 08 Mei 2011

Petunjuk Pelaksana Milad FoSSEI ke-XI, 13 Mei 2011 dan Kampanye Nasional FoSSEI




Petunjuk Pelaksana Milad FoSSEI ke-XI, 13 Mei 2011 dan Kampanye Nasional FoSSEI
Assalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Untuk Di Ingat …
“Tidak sempurna iman salah seorang diantara kamu, sehingga suka kepada saudaranya (sesama muslim) seperti yang ia suka pada dirinya sendiri” (HR. Bukhari dan Muslim)

“Sesungguhnya Allah Pengasih. Ia suka sekali kepada belas kasih, dan ia akan memberi kepada orang yang berbelas kasih sesuatu yang tidak diberikan kepada orang yang keras hati dan juga sesuatu yang tidak diberikan kepada lainnya” (HR. Muslim)

“… dan tolong-menolonglah kamu untuk mengerjakan kebaikan dan ketaqwaan…” ( Al-Ma’idah :2)

“Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berperang dijalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti bangunan yang tersusun kukuh”. (Ash-Shaf: 4)

Tema Untuk kegiatan Kampanye Nasional  FoSSEI, 13 Mei 2011. “Indonesia Optimis tanpa Riba”
LATAR BELAKANG
Perjuangan dalam menegakkan ekonomi islam membutuhkan pengorbanan dan semangat juang yang tinggi disertai dengan kesatuan dalam ikatan ukhuwah antara para pejuang itu sendiri. Ekonomi islam yang sudah menunjukkan eksistensinya dengan adanya pelarangan Riba, maysir, Gharar, Bhatil, dll. Sehingga tatanan ekonomi yang dimulai sejak zaman Rasullulah SAW (abad 7) kemudian berjalan hingga abad  ke 14, merupakan masa yang sangat stabil ketika masyarakatnya menjalankan sistem perekonomian secara islam. Hari ini fakta menunjukkan ekonomi kapitalisme yang menjadi main stream



( arus utama ) ekonomi banyak menemui kegagalan sehingga perlu ekonomi yang menerapkan nilai-nilai keiliahan, dengan demikian ekonomi yang berkesejahteraan menjadi sebuah kenyataan.
Elemen-elemen bangsa yang salah satunya adalah mahasiswa hari ini harus mampu memberikan kontribusi selaku  (agent of change), pergerakannya harus mencerdaskan masyarakat secara umum dan memberikan solusi dari permasalahan yang terjadi. Mahasiswa yang tergabung dalam gerakan ekonomi islam dalam hal ini FoSSEI, harus mempunyai sebuah idealisme ekonomi islam yang di sosialisasikan kepada masyarakat umum sehingga mereka dapat lepas dari jeratan ekonomi kapitalisme yang menyandarkan pada bunga (riba), Judi (maysir), gharar (ketidakjelasan), Tadlis (suap), dan aspek-aspek ekonomi lainnya yang nyata-nyata membawa kehancuran. Dengan demikian diharapkan masyarakat tersadarkan dan kemudian menerapkan ekonomi islam mulai dari kehidupan paling dasarnya (pemenuhan Konsumsi ) aspek yang lebih luas transaksi ekonomi.
Untuk itu, hari ini saya selaku Presidium Nasional menghimbau kepada setiap elemen FoSSEI diseluruh cabang FoSSEI yang hari ini terwakili dalam lingkup Kampus (KSEI), Komisariat, Dan Regional. Untuk kembali turun kemasyarakat mengimplementasikan nilai-nilai idealisme mahasiswa demi kepentingan rakyat, pada saat Milad FoSSEI ke 11 tanggal 13 mei 2011.
FoSSEI hari ini mengangkat tema : “  Indonesia Optimis Tanpa Riba“ sebuah momentum mencerdaskan masyarakat tentang bahaya bunga/riba, dan mengevaluasi masyarakat bahwa Riba hari ini memiliki multiplayer evect bagi sosial ekonomi masyarat.
Untuk Itu dalam mempersiapkan KAMPANYE NASIONAL FoSSEI, Regional baik dalam lingkup KSEI maupun KOMSAT harap melakukan beberapa agenda Pra KAMNAS, saat KAMNAS, dan Pasca KAMNAS.
Diantara yang dapat dilakukan :
PRA KAMNAS
1.       Melakukan sosialisasi dan aksi pencerdasan anti Riba di Setiap KSEI-KSEI, baik berupa kajian, seminar.
2.       Setiap Kader FoSSEI meng-Up Load Opinion, Artikel, dan Tulisan Anti-Riba di Media On-Line, BLOG. Facebook, Twitter, dll



 

KAMNAS
Kegiatan Kamnas di masing-masing Regional memiliki karakteristiknya masing-masing, untuk itu setiap regional dalam melaksanakan KAMNAS wajib mengacu dan mensosialisasikan “Indonesia Optimis Tanpa Riba”.
PRA KAMNAS
Setiap kader FoSSEI setelah KAMNAS membuat kegiatan-kegiatan bagi objek yang telah di dakwahi ekonomi islam, membuat komunitas Pelajar seperti yang pernah di lakukan oleh FoSSEI tahun-tahun sebelumnya, membuat group di media online seperti facebook demi menjaga ukhuwah dan komunikasi, memberikan tausiyah ekonomi islam dan lain sebagainya kepada objek dakwah KAMNAS. Oleh karena itu, dalam pelaksanaan KAMNAS absensi dan database harus benar-benar di manfaatkan dengan baik.
Demikian petunjuk pelaksanaan Milad dan KAMNAS FoSSEI, semoga dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Semoga Allah SWT memudahkan.
Waalaikumsalam, Wm, Wb

 



                                                                                                           Presidium Nasional 2011-2012

                                                                                                            Imam Punarko

Tidak ada komentar:

Posting Komentar